Minggu, 14 April 2013

Tips Dalam Merencanakan Rute Pendakian


Agar perjalanan di alam terbuka sesuai dengan rencana kita, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tidak semudah atau di anggap mudah untuk melakukan kegiatan perjalanan tersebut, semua haruslah tersusun dalam sebuah rencana yang matang.

Berikut ini tips menyusun rencana pendakian :
  • Jarak
Rata - rata pendaki bisa berjalan kira-kira 8 - 16 Km per harinya dengan membawa ransel yang penuh.
  • Medan
Medan dan kondisi dari jalan setapak akan mempengaruhi kemampuan fisik seorang pendaki. Tambahkan atau lebihkan perencanaan waktu pendakian. Jangan di buat pas-pasan apalagi kurang.
  • Hari Pertama
Hari Pertama di alam bebas merupakan hari penyesuaian dan membiasakan diri dengan ransel, sepatu dan gerakan fisik. Jika sudah lama tidak melakukan pendakian, sebaiknya melakukan latihan fisik ya kurang lebih satu bulan sebelumnya.
  • Hari Istirahat
Pada gunung yang mempunyai jalur pendakian yang cukup panjang, ada baiknya menambahkan satu hari untuk bersantai agar tubuh tidak terlalu letih. Misal, jika mendaki gunung Rinjani atau Mahameru, ada baiknya menyisakan satu hari penuh untuk bersantai di Danau Segara Anak atau di Danau Ranukumbolo.
  • Kemampuan Diri
Hindari membuat rencana pendakian melebihi kemampuan fisik dan pengetahuan tentang pendakian gunung yang dimiliki agar target pendakian bisa tercapai.
  • Alternatif
Pada saat merencanakan pendakian, ada baiknya juga menambahkan rute cadangan sebagai alternatif jika jalur utama tidak bisa digunakan karena suatu hal.
  • Hindari Musim yang Ramai
Hindari mendaki pada musim pendakian yang ramai pengunjung. Pendakian pada musim yang ramai akan membuat kita tidak begitu bisa menikmatinya dan juga kerusakan alam akan makin bertambah karena ramainya para pendaki yang membutuhkan tempat untuk mendirikan tenda. 
Nah itu adalah beberapa tips dalam merencanakan rute pendakian pada suatu gunung, semoga bermanfaat. Salam Lestari.

Sumber : Agustin,hendri.2006. Panduan Teknis Pendakian Gunung,Yogyakarta: Penerbit ANDI.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar